Akses Kesehatan di Genggaman Pasien Zaman Now – Informatika Kesehatan Healthcare IT News

Akses Kesehatan di Genggaman Pasien Zaman Now

 

Perkembangan teknologi saat ini semakin memengaruhi gaya hidup masyarakat. Hal ini ditandai dengan adanya penggunaan telekomunikasi dan internet yang sangat pesat di Indonesia. Hasil survey APJII 2016 mengenai penetrasi pengguna internet di Indonesia menunjukan bahwa  dari 256,2 juta orang jumlah populasi masyarakat Indonesia, 132.7 juta jumlah penduduk sudah menggunakan internet atau sekitar 51.8%.

Selain itu penggunaan smartphone sebagai alat untuk mengakses informasi juga berkembang sangat pesat di Indonesia. Data survey APJII 2016, menunjukan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia yang mengakses informasi menggunakan smartphone sebesar 63,1 juta atau sekitar 47.6 %. Pesatnya perkembangan penggunaan internet dan smartphone di Indonesia juga terjadi dalam bidang kesehatan, hal ini ditandai dengan penggunaan smartphone untuk akses informasi kesehatan. Hasil survey menunjukan bahwa konten berita kesehatan  yang dikunjungi oleh pengguna internet Indonesia sebesar 18.3 juta atau berkisar 13.8% dari jumlah pengguna internet. (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2016).

Saat ini muncul berbagai macam informasi bidang kesehatan yang dikemas dalam inovasi teknologi digital sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa layanan kesehatan.

Menu Layanan Pendaftaran Online RSUP dr. Sardjito

Bidang kesehatan menjadi salah satu segmen yang saat ini banyak digarap oleh para pengembang teknologi informasi lokal yang  umumnya menyediakan layanan reservasi dan direktori dokter, serta berinovasi untuk mengembangkan aplikasi khususnya dalam bidang kebutuhan medis. Berbagai macam startup bermunculan untuk mengembangkan sistem informasi komunikasi pasien dengan dokter. Beberapa macam startup yang marak digunakan di Indonesia diantaranya adalah dokter.id, dokter mana, DokterSehat, Medico, Doktersiaga dan lain-lain. Selain itu Rumah Sakit saat ini sudah banyak meningkatkan layanan kesehatan dengan memberikan layanan online kesehatan.

Salah satu rumah sakit yang telah menggunakan sistem layanan kesehatan online adalah RSUP Sardjito Yogyakarta. Informasi yang tersedia dalam sistem layanan kesehatan online RSUP terdiri dari menu dokter untuk melihat profil dan jadwal dokter, menu layanan untuk melihat  layanan rawat inap, rawat jalan, IGD, penunjang, perpusatakanaan, menu info pengununga serta menu rujukan nasional.

Salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hal ini telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013. Jaminan Kesehatan merupakan jaminan perlindungan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran baik secara mandiri atau dari subsidi pemerintah. (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013). Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam era penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional adalah layanan kesehatan berbasis teknologi informasi. Dengan adanya fenomena ini,  BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) juga dituntut untuk memberikan layanan dengan mengintegrasikan sistem online.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan aplikasi Mobile yang disebut dengan Mobile JKN. Pada tanggal 15 November tahun 2017 aplikasi ini resmi diluncurkan oleh BPJS. Aplikasi JKN Mobile dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Menurut Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pengembangan aplikasi JKN Mobile bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan dan kepuasan peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.

Pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan efisiensi jumlah karyawan BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play dan Apps Store. Sejak aplikasi Mobile JKN diluncurkan jumlah pengunduh aplikasi ini sekitar 1,5 juta pengguna. BPJS mentargetkan pada akhir tahun 2017 jumlah pengunduh aplikasi bisa mencapai 5 juta pengguna. (Kompas, 2017)

Manfaat 

Beberapa manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan aplikasi JKN mobile adalah:

  1. Info JKn menampilkan informasi seputar BPJS Kesehatan
  2. Lokasi Fasilitas Kesehatan berfungsi untuk mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehetan berdasarkan cabang dan lokasi terdekatnya
  3. Iuran dan Catatan Pembayaran mencari informasi mengenai tagihan peserta
  4. Cek Virtual Account mencari No Virtual Account peserta berdasarkan NIK
  5. Skrining Riwayat Kesehatan
  6. Ubah Data Peserta mencari data kepesertaan melalui nomor kartu, NIK atau No Kartu Keluarga
  7. Pengaduan Keluhan
  8. E-ID Kartu Kepesertaan
  9. Pendaftaran Pengguna Mobile, mendaftarkan diri anda untuk dapat menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile
  10. Login, Masuk ke Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile
  11. Notifikasi Tagihan, Notifikasi Tagihan BPJS Kesehatan
Aplikasi Mobile JKN
Menu Umum Aplikasi Mobile JKN
Menu Pelayanan Mobile JKn BPJS Kesehatan
Related Posts

Tuntaskan Malaria dengan Supertext

Supertext adalah sebuah aplikasi yang menawarkan kemudahan pengguna Chat di grup dengan atau tanpa aplikasi Satu-satunya aplikasi kirim…

Inovasi Pertukaran Rekam Medis Elektronik dengan Kartu…

Kementerian Kesehatan kembali membuat terobosan baru dengan meluncurkan Kartu Kesehatan Jamaah Haji Elektronik. Kartu Kesehatan Jamaah Haji Elektronik…

Transisi rekam medis elektronik di Puskesmas

Semenjak diterapkannya kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional, adopsi teknologi informasi di puskesmas meningkat tajam. Hal ini disebabkan karena…
Menu Tagihan Mobile JKN

Bagaimana Respon terhadap Aplikasi Mobile JKN??

Sejak aplikasi Mobile JKN ini diluncurkan banyak sekali  respon dari pengguna Mobile JKN mengenai manfaat penggunaan aplikasi seperti berkurangnya antrean di faslitas kesehatan, serta bisa mengakomodasi kebutuhan peserta untuk mengubah data kepesertaan, menambah anggota keluarga dan mengubah fasilitas kesehatan.  Namun ada juga beberapa keluhan dari pengguna aplikasi JKN Mobile yaitu permasalahan gagal login ke aplikasi mobile JKN, permasalahan pergantian faskes melalui aplikasi yang tidak terupdate secara otomatis,  data kartu keluarga yang tidak tampil dalam aplikasi mobile serta masih banyak keluhan lain mengenai aplikasi ini. Dengan adanya berbagai keluhan dari pengguna, BPJS sebaikanya menindaklanjuti permasalahan tersbut dengan melakukan evaluasi sistem informasi berbasis pengguna untuk mengetahui kepuasan dan manfaat aplikasi Mobile bagi peserta JKN. Hasil evaluasi aplikasi Mobile JKN dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk perbaikan dan inovasi khususnya dalam proses pengembangan aplikasi Mobile JKN. Dengan adanya evaluasi dan perbaikan aplikasi secara berkelanjutan, aplikasi ini bisa memberikan manfaat dan kepuasan optimal bagi peserta JKN  pilihan utama peserta JKN.

Dengan melihat kemudahan pelayanan BPJS kesehatan dari aplikasi Mobile JKN, akses informasi BPJS kesehatan bisa diakses dari genggaman pasien zaman now. Segera gunakan aplikasi mobile JKN dan rasakan kemudahan akses kesehatan dalam genggaman anda.

 

REFERENSI

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013.

Kompas. (2017). Layanan Ditawarkan dalam Sistem Digital. Jakarta.

Lintasarta. (2014). Solusi Peningkatan Kualitas Manajemen dan Layanan RS.

http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2017/465/Download-Aplikasi-JKn-Mobile-dari

https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile&hl=in

http://sardjito.co.id/layanan/

https://www.dokter.id/

http://doktersehat.com/

http://medico.id/

https://doktersiaga.com/

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.